6 Jenis Mesin Yang Sering Digunakan Moge

 Berikut Mesin yang Sering Digunakan MOGE

    Dunia Kampus

    Halo ngab-ngab semua... Mesin adalah sebuah alat utama dari sebuah kendaraan, tanpa adanya mesin kendaraan pun tak mungkin bisa berfungsi. Mungkin disini ada yang belum tau, kenapa sih suara moge bisa berbeda dari Motor pada umumnya? apa cuma karena ganti knalpot aja? kok bisa yaa bobotnya lebih besar tapi lebih kenceng dari motor pada umumnya? pake dukun kah?..... hehehe bukan dukun yee ngab tapi itu karena perbedaan pada jenis mesin. oke ngab kali ini mimin bakalan ngasih tau klean nih yang belum tau jenis mesin apa aja sih yang sering dipakai MOGE......


1.  V-Twin Engine

    Mesin V-twin, juga disebut mesin V2, adalah mesin piston dua silinder di mana silinder berbagi poros engkol umum dan diatur dalam konfigurasi V. Meskipun banyak dikaitkan dengan sepeda motor (dipasang baik secara melintang atau memanjang), mesin V-twin juga telah digunakan untuk mesin industri dan di beberapa mobil kecil. Desain V-twin berasal dari akhir 1880-an. Oiyee ngab mesin ini Sering dipakai oleh motor keluaran mamarika loh.... yaa kalian pasti tau kan Motor Harley Davidson... itu motor gede yang mewahnya warbiyasyahh... ga heran deh kalo suara harley tuh gede bangett.


2. Boxer engine

    Mesin flat (juga dikenal dengan mesin boxer) adalah sebuah konfigurasi mesin pembakaran dalam yang pistonnya bergerak secara Horizontal. Crankshaftnya ada satu dan silindernya diletakkan di sisi kiri dan kanan, membentuk sudut 180 derajat. Konsep mesin ini sendiri ditemukan oleh ahli teknik Jerman Karl Benz tahun 1896, 8 tahun setelah ia menemukan mobil pertamanya yang sukses. tahu ga ngabb selain dipakai di mobil mesin ini juga digunakan di MOGE loh... salah sayunya BMW R-90 motornya (Ariel Noah) dan Moto Guzzi. mesin ini memiliki sensasi yang bergoyang kekiri dan kekanan loh guys, ga heran juga suaranya enak didenger.


3. L-Twin engine
    
    L-twin engine atau dikenal dengan nama mesin V-twin, juga disebut mesin V2, merupakan mesin pembakaran internal dua silinder dimana silinder disusun dalam konfigurasi V. Mesin ini pertama kali digunakan pada 1889 oleh Gottlieb Daimler sebagai powerplant stasioner dan daya untuk kapal. sama seperti V-twin hanya saja diletakkan dengan posisi sedikit berbeda nahh mesin ini biasa dipakai motor-motor keluaran Ducati lohhh.
    
4. 3 Silinder Inline Engine

    Mesin 3 segaris adalah sebuah Mesin pembakaran dalam dengan 3 silinder yang terpasang sejajar. Kebanyakan mesin 3 silinder segaris memakai sudut putaran sebesar 120° sehingga putarannya seimbang. Meskipun demikian, meskipun mesin 3 silinder ini bisa mengimbangi satu sama lain, tetapi pembakarannya tetap menimbulkan getaran karena tidak ada silinder lawan untuk mengimbangi seperti pada mesin 6 silinder segaris. Penggunaan balance shaft akan menghasilkan tingkat kehalusan mesin yang lebih baik. nahh guys mesin ini sering dipakai oleh MOGE kelas menengah dari pabrikan jepang serta MOGE premium dari Eropa seperti MV Agusta.


5. 4 silinder Inline Engine

    nahh ini nih kesukaan kleann para jombloo riderss..... apalagi kalo bukan Mesin 4 silinder segaris, mesin pembakaran dalam dengan keempat silindernya terpasang mendatar satu arah di dalam bak mesin. Silindernya bisa diletakkan mendatar atau miring terhadap poros mesin. Mesin ini sangat umum dipakai pada mobil dengan kapasitas mesin kecil karena konstruksinya mudah. Meskipun demikian, tipe mesin seperti ini juga menimbulkan getaran, dan getarannya semakin parah ketika kapasitas dan kekuatan mesinnya bertambah. Oleh karena itu, mobil bertenaga tinggi menggunakan mesin yang lebih kompleks dan menggunakan lebih dari 4 silinder. Selain dipakai di Mobil mesin ini juga sangatttt sangatt sering dipakai di MOGE lohh terutama MOGE jepangan ga kebayang deh kencengnya kaya apa.... hehehe mimin aja pengan punya satu motor dengan mesin ini tapi blum kesampean.


6. V4 Engine

    Mesin V4 adalah mesin 4 silinder dengan 2 set piston yang terletak di belakang dan di depan (membentuk huruf V). Konfigurasi mesin V4 yang umum pada era modern sekarang dipasang secara logitudinal dimana ada 2 bank silinder duduk di depan yang lainnya seperti pada Panigale V4 dan streetfighter. Konfigurasi lainnya dari mesin V4 adalah konfigurasi melintang menggunakan bank silinder yang posisinya di sisi kiri dan kanan. nah mesin ini biasanya dipakai di MOTOGP nih gausah diraguin lagi ini mesin kenceng bukan main selain dipakai di MOTOGP kalian juga bisa kok beli motor versi Roadnya seperti Ducati V4, V4s V4r dan lainnya atauuu mau motor premium HONDA (Motor balapnya honda) Yang dijual versi jalanannya yaitu RC-213V Motor ini diperkirakan seharga 7M an hayooo para sultan tunjukann gigi kalian, biar mimin bisa liat motor ini mengaspal di tanah air hehe.






Terima Kasih telah berkunjung !!!













Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

My wishes

Tugas Essay_Digital Marketing_Lazuardi Adlitama

Tugas-Essay-Lazuardi Adlitama