Tugas-Essay-Lazuardi Adlitama

 Halooo Dunia Kampus

Nama/NIM : Lazuardi Adlitama

Mata Kuliah : Wirausaha Digital 

Dosen : Prof. Dr. Dedi Purwana E.S. , M.Bus

Jumlah SKS : 3

 

Pertanyaan :

1.     Apa dan Siapa Wirausaha Digital?

2.     Mengapa Kewirausahaan Digital itu Penting?

3.     Peluang dan Tantangan apa yang ada terkait kewirausahaan digital?

4.     Kompetensi apa yang harus dimiliki bila anda berniat menjadi wirausaha digital?

 

Essay

(Apa yang dimaksud dengan Wirausaha Digital?)

kewirausahaan digital berasal dari kata teknopreneur yang bermakna ‘wirausaha digital’ serta gabungan antara ‘teknologi’ dan ‘entrepreneur’. Dengan demikian kewirausahaan digital adalah upaya pemanfaatan teknologi informasi dan bisnis yang semakin banyak digeluti oleh masyarakat. (Siapa Wirausaha Digital?)  Orang yang mampu memanfaatkan peluang perkembangan digital informasi menjadi sesuatu yang bisa menjadi nilai tambah untuk menjadi entrepreneur.

(Pentingnya Kewirausahaan Digital)

·       (Digital Marketing adalah Masa depan)

Agar bisnis bertahan dan berkembang, Wirausaha harus mengakrabkan diri dengan lahan tempat target pasar banyak menghabiskan waktunya. Dan di masa depan, diperkirakan ikatan masyarakat kepada Internet akan semakin tinggi. Indonesia merupakan urutan kedua internet termurah, pemerintah telah mendukung masyarakat untuk menggunakan Internet dengan cara memasang kabel Fiber Optik yang menghubungkan hampir seluruh Indonesia. Pengguna media Sosial di Indonesia termasuk tertinggi di Dunia, Jakarta dianggap Ibu Kota Twitter Dunia. Tahun 2016 Pendapatan e-commerce di Indonesia berjumlah USD 6 Miliar, 78% (persen) Pengguna Internet saat ini melakukan pembelian secara online. Sekitar 75% (persen) Pembelian Online dilakukan melalui Perangkat Seluler. Sistem Online merupakan pendukung manajemen rantai pasokan. Masyarakat lebih senang melakukan transaksi menggunakan Digital. Terhubung dengan Bank (M-Banking) (SMS Bangking).

 

·       (Kecepatan)

Layaknya teknologi yang menuntut pemilik bisnis untuk adaptif, masyarakat saat ini pun menuntut produk dan layanan yang serba cepat serta praktis. Dan jika pemilik bisnis tidak dapat memenuhi keinginan ini, konsekuensinya bisnis akan ditinggalkan oleh konsumen secara perlahan. Pemilik bisnis dapat mengatasinya dengan berkolaborasi dengan teknologi yang ada saat ini. Bisnis yang dipadukan dengan teknologi dapat melaju lebih pesat karena mengikuti perkembangan pasar. Salah satu pemanfaatan teknologi adalah otomatisasi dalam mengelola sumber daya perusahaan. seperti penggunaan aplikasi berbasis cloud dalam mengelola karyawan, aplikasi keuangan, dan juga aplikasi pengarsipan.

 

·       (Sumber Daya Manusia)

Teknologi sudah diadopsi dalam bisnis, namun masih ada beberapa pekerjaan rumah lagi yang harus diselesaikan, yakni membuat sumber daya manusia yang dipekerjakan juga adaptif terhadap teknologi tersebut. Jangan sampai biaya besar yang dikeluarkan untuk pembaharuan teknologi malah tidak dapat dioptimalkan karena orang-orang yang terlibat tidak mampu untuk menggunakannya. Sebuah bisnis yang ingin berjalan secara profesional dan berkembang butuh untuk merekrut sumber daya manusia yang memiliki kemampuan yang mencukupi. Selain itu, pemilik bisnis juga sebaiknya memberikan pelatihan tambahan serta melakukan upgrade keilmuan secara berkala untuk menyesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

·       (Masyarakat Yang Senantiasa Berubah)

 

Selain menginginkan hal secara cepat dan praktis, tantangan dari masyarakat saat ini adalah karena mereka senantiasa berubah, baik dari segi selera, keinginan dan kebutuhan. Masyarakat saat ini mudah sekali merasa bosan dengan satu hal dan mempunyai keinginan yang cukup kompleks. Mereka pun lebih pintar dalam memilih mana produk yang sesuai dengan mereka, dan mana yang tidak. Ini menjadi tantangan karena menuntut pemilik bisnis untuk lebih sering memutar otak dan berinovasi dalam menciptakan produk serta jasa. Pemilik bisnis juga dituntut untuk berpikir out of the box agar dapat menghasilkan sesuatu yang unik dan tidak biasa. Namun, tantangan ini justru bisa bermanfaat di masa depan. Usaha-usaha yang dilakukan pemilik bisnis untuk terus berinovasi akan meningkatkan pengetahuan mengenai pasar serta produk. Dan tentu saja hal ini mampu memberikan keuntungan yang lebih maksimal kedepannya.

 

·       (Persaingan Semakin Tinggi)

Lagi-lagi teknologi mempunyai pengaruh dalam hal ini. Teknologi canggih mampu mengintegrasi saluran bisnis sehingga dapat dilakukan tanpa batasan ruang dan waktu. Efeknya, sebuah bisnis bisa menjalin kerja sama dengan bisnis lain di belahan dunia mana saja. Dan tentu saja, sebuah bisnis juga mendapatkan kompetitor dari berbagai bisnis lain di belahan dunia mana saja pula. Jika tidak dibarengi dengan inovasi yang terus menerus, maka bisnis akan tertinggal dari kompetitor. Selain itu, tantangan lain yang kerap ditemui ketika berhubungan dengan kompetitor adalah bagaimana caranya untuk bersaing secara sehat. Karena pada dasarnya hal tersebut memang sangat penting untuk diterapkan. Jika mampu bersaing dengan sehat, maka akan terbentuk iklim yang baik dalam bisnis.

 

·       (Zero-Surveillance)

Bisnis saat ini bisa dilakukan dan dikontrol dari jarak yang cukup jauh menggunakan website, e-mail, dan fitur chatting. Permasalahan yang kerap terjadi dengan metode komunikasi jarak jauh ini adalah hilangnya sosok pemimpin atau bisa disebut zero-surveillance. Pemilik bisnis kerap berkomunikasi dengan karyawannya hanya mengenai hal-hal yang berhubungan bisnis. Padahal karyawan membutuhkan keakraban dengan pemimpinnya untuk menjalin komunikasi yang baik dan menambah semangat untuk bekerja.

Namun. dengan konsep zero-surveillance sebenarnya menjadi peluang dalam mengembangkan bisnis di era digital. Pegawai pada perusahaan lebih leluasa dalam mengembangkan kreativitas dan peran penting tidak hanya dipegang oleh pemimpin namun semua unit karyawan sehingga kinerja perusahaan dapat lebih produktif.

 

(Peluang dan Tantangan)

Indonesia Termasuk ke dalam urutan ke 2 internet termurah namun kualitasnya masih buruk. Cakupan 4G baru 23% (persen). Penggunaan media sosisal termasuk tertinggi di dunia. Jakarta dianggap Ibu Kota Twitter Dunia. Tahun 2016 Pendapatan e-commerce di Indonesia berjumlah USD 6 Miliar, 78% (persen) Pengguna Internet saat ini melakukan pembelian secara online. Sekitar 75% (persen) Pembelian Online dilakukan melalui Perangkat Seluler. Sistem Online merupakan pendukung manajemen rantai pasokan. Masyarakat lebih senang melakukan transaksi menggunakan Digital. Terhubung dengan Bank (M-Banking) (SMS Bangking). Populasi Pengguna Internet meningkat Karena HP (Hand Phone) Murah, Start Up : Gojek, Travoloka, Toko pedia, Buka lapak, Alfa cart, Matahari Mall. Financial Services : Ovo, Dana, Go Pay, Kartu Ku, Halo Money.

 

(Kompetensi)

·       Komunikasi

Komunikasi adalah Keterampilan penting wirausaha. Wirausaha harus bisa menjelaskan ide berulang kali, promosi ke investor atau pelanggan. Keterampilan komunikasi baik individu maupun professional adalah kunci kesuksesan wirausahawan.

·       Finansial

memiliki kecerdasan finansial sangat penting dalam wirausaha. Mengendalikan arus kas sangat penting baik bagi solopreneur, freelancer ataupun bisnis besar.

·       Merk

Setiap wirausaha harus memiliki merk dan setiap wirausaha adalah merk. Cara bicara, cara menanggapi email, cara memperkenalkan diri, cara menulis adalah merk (Citra) sebagai wirausaha.

·       Marketing

Seorang Wirausahawan, punya produk terbaik di dunia, tetapi jika tidak ada yang tahu, produk tidak akan berharga.

·       Networking

Tali silaturahmi akan memperluas rezeki. Makin luas jaringan tali silaturahmi yang dibangun, makin kuat pondasi bisnis seorang wirausaha.

·       Automation

melakukan hal yang sama berulang kali, akan mengurangi produktivitas wirausaha. Jika perangkat lunak bisa mengerjakan, maka pelajari cara menggunakan atau melakukan pendelegasian.

·       Design

Beda produk bagus dan produk hebat adalah design. Banyak wirausaha yang mengabaikan “ Design produk “ dan terburu-buru masuk pasar sehingga menemukan kegagalan besar. Design bukan hanya tampilan, tetapi juga fungsinya.

·       Analytic

Belajar menganalisi menjadi hal penting. Sehebat apapun firasat atau intuisi, belajarlah membuat keputusan berdasarkan data.

·       Technical

Pemrograman memang suatu keterampilan penting dunia digital. Namun tidak semua harus bis aitu, pemahaman sederhana tentang algoritma dan cara berpikir terstruktur, akan mengembangkan pemikiran logis untuk pemecahan masalah yang kompleks.

·       Learning

Online Learning adalah salah satu keterampilan penting di era digital, yang akan membantu untuk meningkatkan kinerja bisnis.



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

My wishes

Tugas Essay_Digital Marketing_Lazuardi Adlitama